-->

Beberapa Alasan blog anda belum menghasilkan dollar

Sebelum dapat menghasilkan uang dari blog, ada beberapa hal yang mesti ada siapkan. Jika hal ini belum Anda miliki, maka blog Anda belum akan menghasilkan apa-apa.

Nah, inilah Beberapa hal yang menjadi alasan mengapa blog Anda belum dapat menghasilkan uang:

1. Anda belum memiliki produk
Loh? Saya tidak ingin jualan barang kok, saya hanya ingin mengelola blog dengan cara menulis konten di sana. Bukan ingin berjualan barang. Oke, jangan salah paham. Ya betul, konten. Itulah produk Anda. Konten atau artikel adalah produk bagi seorang blogger.

Seperti di dunia nyata, jika Anda ingin menghasilkan uang, Anda harus memiliki produk untuk dijual. Tapi sayangnya banyak orang tidak menerapkan prinsip yang sama di dunia online.

Anda telah menghabiskan beberapa jam untuk membuat blog baru, Anda telah memposting 10 artikel, itu belum bisa dikatakan Anda telah memiliki produk. Sampai disini Anda baru sebatasmengikuti instruksi dasar bagaimana membuat blog, kemudian menghabiskan beberapa hari untuk menulis 10 artikel.

Blog baru dengan 10 artikel, masih jauh bisa dikatakan sebagai produk ataupun sebuah layanan. Bukankah saya telah bekerja dan bersusah payah? Tentu. Anda telah melakukan sesuatu, Anda telah mengeluarkan ‘keringat’ dengan membuat blog dan telah memeras otak untuk menyajikan kontennya. Betul. Tapi tidak ada menyuruh Anda! Tidak ada yang meminta Anda untuk menuliskan pengalaman liburan Anda di Bali. Tidak ada yang menyuruh Anda untuk menulis situs-situs favorit Anda. Tidak ada!
Membuat blog dan mengisinya dengan berbagai konten, bukanlah sebuah produk. Sebuah blog bisa dikatakan telah memiliki produk, hanya ketika Anda telah menyajikan konten yang diharapkan, dicari dan diinginkan oleh orang lain.

Bahkan, bila Anda mampu membuat artikel terbaik sejagat raya, tidak akan banyak berguna jika tidak ada orang yang mencarinya, menginginkannya dan membacanya. Butuh waktu dan proses untuk merubah blog Anda menjadi sebuah produk yang layak untuk dijual.

Orang akan mengunjungi blog Anda, karena mereka menginginkan konten Anda, produk Anda!Milikilah dulu sebuah produk, uang akan datang dengan sendirinya.

2. Kekecawaan di awal perjuangan
Jika Anda berharap dan berpikir dapat menghasilkan uang sejak hari pertama Anda blogging, berarti Anda sedang menyiapkan diri untuk kecewa. Saya pun demikian. Untungnya saya segera menyadari, bahwa itu sesuatu yang salah.

Seperti yang pernah saya alami, di awal ‘perjuangan’, Anda akan butuh ratusan jam untuk membuat blog Anda menjadi lebih baik dan menyajikan konten yang bagus. Jika Anda melakukannya demi uang, jika setiap menit yang Anda habiskan untuk blogging dihitung sebagai jam kerja yang harus dibayar, maka yang akan Anda dapatkan pasti hanya sebuah kekecewaan.
Jangan berharap mendapatkan hasil dengan cepat. Jangan biarkan diri Anda tenggelam dalam kekecewaan yang tidak perlu. Semua hanya sekedar butuh waktu.

3. Tidak mematuhi aturan
Hal berikutnya yang mungkin menjadi alasan kenapa blog Anda belum juga mendatangkan uang adalah karena ketidakpatuhan Anda sendiri.
Anda mungkin berpikir bahwa internet adalah sebuah dunia yang bebas. Anda bebas untuk berbicara apa saja. Anda bebas untuk menulis apa saja. Pokoknya Anda bebas melakukan apa saja.Anda salah!
Ketika mendapatkan akun afiliasi atau akun periklanan (semisal Adsense), Anda sedang menjalin sebuah kesepakatan. Anda sedang berada pada sebuah perjanjian bisnis!
Saya masih melihat, banyak orang membuat blog baru, lalu beberapa hari kemudian membuka akun Adsense. Mereka pun mulai memenuhi blog mereka dengan iklan, tanpa benar-benar membaca dan mengerti TOS (term of service), yang berisi perjanjian dan aturan dalam menjalankan Adsense. Adsense memiliki aturan yang harus dipatuhi, tentang konten apa yang boleh dan tidak, dimana iklan ditempatkan, berapa banyak iklan yang boleh dipasang dan lain sebagainya. Jika Anda melanggar peraturan tersebut, Anda akan diputus secara sepihak oleh Adsense sebagai mitra. Hal yang sama juga berlaku untuk program sejenis lainnya.
Intinya, kita tidak boleh melanggar peraturan. Kita sedang menjalin sebuah kontrak kerjasama bisnis dengan mereka. Apa kira-kira yang akan Anda lakukan, ketika menjalin kerjasama dengan seorang teman, kemudian teman tersebut melanggar perjanjian yang telah disepakati?
Banyak orang belum mampu mendapatkan uang dari blog mereka karena hal ini. Taati peraturan,itu cara yang benar menghasilkan uang dari blog Anda.

4. Blog Anda mungkin dianggap spam
Ketika orang baru pertama kali mengunjungi sebuah situs, dan menemukan bahwa situs tersebut penuh dengan iklan, apa yang dipikirkan? Orang akan mudah curiga sekaligus bertanya, apakah situs ini ingin membantu saya, atau hanya sebatas menginginkan uang dari saya?
Internet penuh dengan situs-situs yang ingin ‘meminta’ tanpa berusaha untuk ‘memberi’. Situs semacam ini hanya sebuah tempat pemasangan iklan, sedikit sekali atau bahkan tidak ada nilai lebih untuk pengunjung. Orang-orang membenci situs semacam ini, dan mereka akan dengan cepat menekan tombol back segera setelah melihatnya kurang dari 1 detik!
Jika Anda memasang iklan atau menawarkan produk, sementara blog Anda tergolong masih baru dan belum dikenal baik, akan mudah orang menjadi salah persepsi. Mereka akan menganggap blog Anda sebagai spam.
Di awal-awal blogging, Anda melakukan promosi mengenalkan blog Anda. Anda mengatakan melalui berbagai media sosial bahwa blog Anda penuh dengan informasi bermanfaat. Orang belum mengenal Anda. Mereka tentu saja tidak akan percaya begitu saja. Kemudian karena penasaran mereka mulai mengunjungi blog Anda. Ternyata yang mereka temukan adalah blog Anda hanya dipenuhi berbagai iklan ataupun penawaran suatu produk, dengan desain yang buruk. Sudah pasti mereka akan menganggap blog Anda sebagai spam.
Yang menjadi permasalahan utama adalah: Anda belum mendapatkan kepercayaan! Di awal-awal, orang-orang mengunjungi blog Anda, karena ‘diminta’ oleh Anda. Tapi siapa Anda? Kenapa saya harus mempercayai Anda? Di awal-awal, Anda bukan siapa-siapa. Anda bukan apa-apa di antara jutaan blogger lainnya di dunia! Dan tidak ada satupun yang mempercayai Anda.
Hanya setelah Anda berhasil membangun trust. Hanya setelah blog Anda mulai dibicarakan dan diapresiasi. Anda baru mulai dapat menghasilkan uang dari blog Anda. Orang yang datang setelah mendengar kabar baik mengenai blog Anda, tidak akan memiliki perasaan curiga. Mereka percaya, karena reputasi Anda.
Ada perbedaan yang sangat besar antara mereka yang mengunjungi blog Anda karena mendengar informasi bahwa blog Anda ‘luar biasa’, dengan mereka yang berkunjung karena Anda memohon kepadanya.

5. Uang nomor 1, pembaca nomor 2
Ini yang menyebabkan blog Anda belum menghasilkan uang berikutnya. Jika Anda memulaiblogging dengan mengharap langsung mendapatkan uang dengan cepat, maka tidak akan mendapatkan apa-apa.
Di awal-awal perjalanan, Anda harus memfokuskan perhatian terhadap pembaca dan pengunjung blog Anda. Kerahkan segenap energi kreatif Anda untuk membantu orang lain, untuk memberi manfaat dan berpengaruh baik terhadap kehidupan seseorang.
Sebuah blog yang mampu membari pengaruh dan dampak yang baik terhadap cara hidup orang-orang, akan sangat mudah dimonetisasi dan mendatangkan uang. Sebaliknya blog yang tidak memberi dampak apapun, tidak memberi manfaat yang nyata bagi kehidupan, akan sangat sulit untuk bisa menghasilkan uang, sekeras apapun usaha yang Anda lakukan.
Intinnya, beri perhatian terhadap orang-orang, bukan kepada uang. Maka uang akan mengikuti dengan sendirinya.
Itulah 5 hal yang bisa menjadi penyebab, mengapa sampai saat ini blog Anda tidak menghasilkan uang seperti yang diharapkan. Apakah Anda memiliki pendapat lain? Saya ajak Anda untuk berbagi melalui komentar di bawah. Semoga bermanfaat.


Facebook Comments

0 komentar

Powered by Blogger.