-->

Ngeblog dulu, baru yang lain

Tadi barusan ada yang iseng bertanya kepada saya: "Mas Gee Jhon, kok bisa ya sampean menulis artikel setiap hari, bahkan saya lihat kadang sehari bisa 2 - 3 tulisan. Gimana caranya?"
Duh, saya bingung menjawabnya. Namun, baik saya ingin cerita sedikit tentang kebiasaan saya dalam membuat postingan. Saya pikir itu yang membuat saya bisa menulis minimal satu artikel setiap hari.
Pertama. Saya bersyukur bahwa hampir setiap hari, saya mendapatkan pertanyaan dari teman-teman. Baik melalui email, dari sosial media dan lain sebagainya. Jujur, dari pertanyaan-pertanyaan mereka ini lah akhirnya saya mendapatkan ide untuk menulis. Contohnya, tulisan saya sebelumnya tentang cara memasang iklan Adsense di atas postingan, juga artikel ini, adalah hasil dari pertanyaan teman-teman semua. Untuk itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah bertanya. Karena Anda lah saya bisa lebih produktif menghasilkan tulisan.

Kedua. Adalah tentang kebiasaan saya dalam kegiatan online. Saya membuka komputer, biasanya pagi sekitar pukul 08.00 (setelah mandi, tentunya, hehehe) dan malam sekitar pukul 21.00. Hal pertama yang saya lakukan biasanya adalah membuka email. Setelah itu, baru saya buka akun Blogger, dan mulai menulis artikel yang sudah ada dalam kepala saya. Apa poin utamanya di sini? Bahwa saya selalu membuat artikel sebelum saya melakukan kegiatan online lainnya! Saya ingin membiarkan otak saya masih fresh, tidak terkontaminasi (kayak racun saja, hehehe...) dari informasi-informasi lain yang tidak relevan dengan ide tulisan saya.

Menurut saya, itulah 2 hal yang membuat saya tetap bisa menghasilkan tulisan setiap hari, bahkan kadang satu bisa lebih dari 2 artikel. Poin yang kedua di atas, yaitu mendahulukan menulis postingan untuk blog, sebelum melakukan kegiatan online lainnya, benar-benar sangat membantu saya untuk lebih produktif dalam menulis. Tentu jika blog Anda adalah blog berita atau kabar-kabar terbaru, Anda perlu mencari-cari informasi terkini sebelum menulis. Namun, untuk topik lainnya cara ini benar-benar bekerja untuk saya. Tidak percaya? Silakan coba! Yuk, kita update blog setiap hari. Keep happy blogging. Semoga bermanfaat.
Facebook Comments

0 komentar

Powered by Blogger.