-->

Saatnya Membuat Blog Kedua

Kebanyakan orang (termasuk saya) memulai blogging karena kesenangan dan hobby. Berawal dari keinginan untuk berbagi dengan orang lain. Akibatnya, mereka tidak mempersiapkan diri dengan membuat strategi, menentukan target, cara berpromosi, memilih nama domain dan lain sebagainya. Hasilnya? Tentu saja seringkali tidak maksimal.
Portal-Uang bukanlah blog pertama saya, bahkan bukan juga yang kedua. Saya pernah membuat beberapa blog sebelumnya. Nah, dari pengalaman, pembelajaran dan pengetahuan yang saya dapatkan selama membangun blog pertama itu, saya gunakan untuk membangun blog Portal-Uang ini. Tentu saja, kali ini saya lebih terarah, memiliki strategi yang lebih baik untuk membangun blog yang sukses. Sangat jarang seorang blogger mampu mencapai sukses melalui blog pertamanya.
Nah, jika saat ini Anda sudah memiliki blog tapi masih ‘jalan di tempat’, belum memberikan hasil yang diharapkan, ada baiknya Anda mempertimbangkan  untuk membuat blog yang kedua.
Loh? Bukankah kita harus persisten, sabar, tekun, tidak boleh menyerah dalam membangun blog yang sukses? Betul untuk membangun blog yang sukses dibutuhkan kesabaran dan persistensi. Tapi persistensi hanya bisa dipertahankan jika Anda sendiri merasa yakin bahwa Anda telah berada pada jalur yang benar. Sebelum ini, saya pernah menulis 6 tanda blog Anda berada pada jalur yang benar, silakan cek tanda-tanda tersebut untuk mengetahui apakah blog Anda saat ini telah berada pada trek yang tepat atau tidak.
Intinya, jika Anda merasa bahwa blog Anda saat ini sudah tidak berada pada jalur yang tepat untuk mencapai kesuksesan, tidak salahnya Anda segera membuat blog yang kedua. Bekal pengalaman dan pengetahuan hasil belajar selama mengelola blog pertama menjadi bahan bakar penting dalam mencapai sukses melalui blog kedua Anda.
Namun demikian, ada beberapa yang perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan membuat blog yang kedua, seperti memilih nama domain yang baik, riset niche dan riset keyword, memilih metode promosi yang terbukti bekerja dengan baik, manajemen waktu, menulis artikel yang berkualitas dan lain sebagainya.
Hal ini sangat penting, karena blog kedua Anda harus lebih berhasil dan sukses dibanding blog pertama Anda. Jika hasilnya sama, buat apa membuat yang baru?
Nah, bagaimana? Anda telah siap membuat blog kedua? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Facebook Comments

0 komentar

Powered by Blogger.