Cara memblokir safe mode windows

Melindungi isi komputer atau laptop kita sudah merupakan kewajiban. Jangan sampai data-data penting yang sudah kita buat atau susun dengan susah payah dicuri atau dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Ada banyak aplikasi yang bertujuan memblokir akses tertentu sehingga tidak sampai bisa menggunakan komputer atau laptop kita. Namun beberapa diantaranya masih bisa diakali apabila si tangan jahil bisa dan mengetahui cara masuk melalui windows Safe Mode yang ada di Windows XP.
Selain pengguna pribadi, yang harus waspada dengan kondisi ini adalah pemilik atau pengelola warnet. Karena dengan masuk melalui jalan pintas ini, pemakai komputer warnet bisa tidak perlu membayar (karena aplikasi billing terlewati) atau malah merusak aplikasi lain yang sudah ada didalam komputer warnet.
Safe Mode sebenarnya ditujukan bagi administrator atau pemilik untuk memperbaiki kerusakan yang timbul apabila windows berjalan normal. Namun karena caranya yang sedehana (dengan hanya menekan tombol F8 pada saat booting) siapa saja dapat mengakses Windows Safe Mode.
Ada cara sederhana untuk mencegah masuknya tangan-tangan jahil melalui Safe Mode ini. Yang perlu dilakukan hanya sedikit memodifikasi registry yang ada pada Windows XP. Caranya sebagai berikut:
Pertama-tama pastikan registry sudah di back-up terlebih dahulu sebagai tindakan pengamanan.
Selanjutnya masuk kedalam Registry melalui regedit
Temukan HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SafeBoot
Didalamnya akan ada 2 folder yaitu Minimal dan Network. Selanjutnya ganti nama kedua folder tersebut (gunakan tombol F2). Misalnya folder Minimal diganti menjadi MinimalXXX dan folder Network diganti menjadi NetworkZZZ.
Jika sudah tutup Registry dan restart komputer seperti biasa.
Dengan dirubahnya nama kedua folder tersebut maka ketika ada tangan jahil ingin masuk melalui Windows Safe Mode, yang akan dijumpai adalah sebuah blue-screen. Dan komputer kita aman dari ganguan tangan-tangan jahil. Meskipun Windows Safe Mode berubah menjadi blue-screen tetapi untuk akses Windows secara normal akan lancar seperti biasa, tidak ada masalah
Facebook Comments

0 komentar

Powered by Blogger.