Mencari tau hasil google adsense menggunakan jalur khusus

Semua optimasi yang telah dilakukan, desain yang baik, penempatan iklan yang baik, meningkatkan relevansi iklan dan sebagainya tidak akan memberi hasil yang optimal jika tidak diikuti dengan melakukan pelacakan kinerja iklan tersebut.
Ini adalah langkah wajib yang harus Anda lakukan dan terus Anda pantau dan pelajari. Tanpa itu, Anda tidak punya bahan analisa dan ukuran telah sejauh mana keberhasilan dalam optimasi Adsense. Sudah baikkah? Apakah ada peningkatan pendapatan? Atau malah sebaliknya justru menurun setelah Anda merubah ukuran unit iklan pada halaman tertentu? Di situlah pentingnya memonitor dan melacak kinerja iklan Anda, dari situ Anda bisa melakukan perbaikan-perbaikan, sampai akhirnya menemukan yang benar-benar memberi hasil paling memuaskan.
Beruntung, Adsense telah menyediakan banyak fitur dan fasilitas untuk melakukan pelacakan ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan saluran khusus (custom channel).
Dengan saluran khusus, memungkinkan Anda melakukan pelacakan terhadap beberapa unit iklan atau grup unit iklan tertentu. Anda bisa mengelompokkan unit-unit iklan ke dalam bermacam kategori, seperti:
  • Berdasarkan lokasi penempatan iklan. Misalnya semua unit yang berada di header, dan sebagainya.
  • Berdasarkan desain dan warna iklan. Misalnya warna hitam dan warna biru.
  • Berdasarkan topik halaman. Seperti halaman tips blogging, dan sebagainya.
Dengan cara demikian, Anda akan jauh lebih mudah melihat hasil kinerja unit iklan Anda.

Penargetan penempatan
Fungsi lain dari saluran khusus ini adalah Anda dapat membuatnya menjadi penargetan iklan. Seperti yang pernah saya tulis dalam cara meningkatkan nilai CPC, cara ini dapat meningkatkan persaingan antar pengiklan dalam lelang, sehingga ujung-ujungnya dapat memberikan iklan yang memiliki CPC paling tinggi. Dalam halaman support Adsense, mengenai penargetan iklan ini:

Salah satu cara iklan ditargetkan ke situs web penayang AdSense adalah melalui penargetan penempatan. Penargetan penempatan memungkinkan pengiklan AdWords memilih penempatan iklan tertentu yang mereka inginkan untuk menampilkan iklan. Penempatan iklan bisa berupa keseluruhan situs web atau sub-kumpulan tertentu dari unit iklan dalam situs tersebut, seperti hanya unit iklan di laman olahraga suatu situs atau seluruh unit iklan di bagian atas laman.

Pengiklan mencari penempatan iklan dalam beberapa cara, termasuk dengan mendata situs web yang mereka inginkan untuk beriklan atau dengan menelusuri penempatan yang sesuai dengan tema dan topik yang ingin mereka targetkan.

Membuat saluran khusus
Anda bisa membuat saluran khusus ini melalui dua cara:
  1. Pada saat Anda membuat unit iklan baru atau mengeditnya, Anda dapat menambahkan saluran khusus yang telah ada, atau langsung bisa membuat yang baru.
  2. Anda membuat saluran khusus, baru kemudian menambahkan unit iklan yang telah Ada.
Dengan keuntungan-keuntungan tersebut, tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkannya dalam rangka optimasi Adsense. Jadi, jika Anda belum membuatnya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai membuat, dan mendapatkan manfaatnya.

Jika ada hal-hal yang kuras jelas, silakan Anda bertanya melalui kolom komentar, sebisa mungkin saya akan menjawabnya dengan segera. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk kita semua.

Salam.
 
Facebook Comments

0 komentar

Powered by Blogger.